Resep Asli Soto Ayam Lamongan




bagaimana cara membuat soto lamongan
Soto Lamongan merupakan masakan  yang sangat terkenal di kalangan kita, khususnya Lamongan (ya iyalah namanya juga Soto lamongan) tapi ni soto emang udah terkenal ampe mana-mana . Dengan rasa yang lezat dan banyak yang suka maka saya  akan memberikan resep nya bagi semua pengunjung dan pembaca artikel ini.








 

Bahan soto ayam lamongan :
1 ekor ayam kampung belah menjadi 4 bagian
2000 ml air
6 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
3 batang serai memarkan
1 sendok makan gula pasir
1 sendok teh merica bubuk
2 sendok makan garam
minyak untuk menumis dan menggoreng

Bumbu yang kita haluskan :

6 siung bawang putih
2 cm jahe
4 butir kemiri sangrai
4 cm kunyit dibakar
10 butir bawang merah

Bahan sambal :

1/4 sendok teh garam
12 buah cabai rawit merah
3 siung bawang putih
4 buah cabai merah

Cara membuat soto ayam lamongan :

Pertama kita rebus air sebanyak 2 liter air (2000 ml) dan tentunya ayam yang telah dipotong menjadi 4 bagian hingga mendidih.
Kita panaskan minyak (kira kira 2 sendok makan) dan tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan daun jeruk dan serai hingga menjadi harum. Kemduian kita tuang dalam air rebusan ayam.
Masukkan juga merica bubuk, garam dan juga gula pasir. Masak hingga matang dan angkat dan keluarkan daging ayam.
Setelah itu kita panaskan minyak yang agak banyak dan goreng daging ayam hingga kecokelatan. Angkat ayam dan suwir suwir.
Membuat bahan sambal untuk soto ayam : Kita rebus cabai rawit merah, bawang putih dan cabai merah hingga layu. Angkat dan taruh bersama garam kemudian kita haluskan.
Penyajian soto ayam lamongan : Kita sajikan kuah soto dengan daging ayam suwir, sambal dan tentunya bahan pelengkap.

Emmmmm.... demikian cara membuat soto ayam lamongan asli enak dan lezat. Bahan pelengkap dari soto ayam lamongan ini diantaranya adalah 50 gram soun seduh kemudian kita tiriskan, 2 batang seledri kita cincang kasar, 2 buah tomat potong potong, 2 sendok makan bawang goreng sebagai bahan taburan, 100 gram tauge, 3 butir telur rebus potong atau belah menjadi dua dan 100 gram kol iris iris.


Soto Lamongan ini banyak sekali yang menjual dan mungkin bisa menjadi inspirasi kalian semua untuk membuat soto lamongan dalam rumah anda. Porsi dalam resep ini adalah 6 buah pors. Jika anda ingin menbuat lebih banyak atau sedikit tinggal sesuaikan aja deh.... Cobalah Mulai Membuat nya, Daripada beli mending bikin sendiri kan.? lebih sehat dan puas.. :D

Lihat juga: 

Resep dan cara membuat tekwan
Cara membuat siomay Bandung

Dan masih banyak yang lain silahkan anda Cari dalam blog ini.
Untuk mendapatkan jawaban, silahkan anda hubungi saya melalui Fasilitas Kontak yang sudah saya sediakan. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Post a Comment

  1. Saya telah membuat dan mencoba Resep ini dan hasilnya memuaskan.
    Terimakasih telah berbagi. Artikel anda ini sangat membantu saya.

    ReplyDelete

 
Top