Renungan Injil Yohanes 20:11-18


Hari Selasa dalam Oktaf Paskah
Bacaan I Kis 2:36-41
Mzm 33:4-5,18-19,20,22
INJIL YOHANES 20:11-18

Tetapi Maria berdiri dekat kubur itu dan menengis. Sambil menangis ia menjenguk ke dalam kubur itu, dan tampaklah olehnya dua orang malaikat berpakaian putih, yang seorang duduk di sebelah kepala dan yang lain di sebelah kaki ditempat mayat Yesus terbaring. Kata malaikat-malaikat itu kepadanya :"Ibu, mengapa Engkau menangis?" Jawab Maria kepada mereka: "Tuhan ku telah diambil orang dan aku tidak tahu dimana Ia diletakkan." Sesudah berkata demikian ia menoleh kebelakang dan melihat YESUS berdiri disitu, tetapi ia tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus. Kata Yesus Kepadanya:"Ibu, mengapa engkau menangis?Siapakah yang engkau cari?" Maria menyangka orang itu adalah penunggu taman, lalu berkata kepanya:"tuan, jikalau tuan yang mengambil Dia, katakanlah kepadaku, dimana tuan meletakkan Dia, supaya aku dapat mengambilNya." Kata Yesus kepadanya. "Maria!" Maria berpaling kepadaNya dan berbicara dalam bahasa Ibrani:"RABUNI!" artinya Guru. Kata Yesus kepadanya:"Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudaraKu dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku telah pergi kepada BapaKu dan Bapamu,kepada ALLAH KU dan ALLAH MU." Maria magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid:" Aku tellah melihat Tuhan!" dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya.


RENUNGAN INJIL YOHANES 20:11-18
Bangkit bersama Yesus

kebangkitan Yesus
Saudara-saudari yang terkasih, masih terekam jelas dalam ingatan kita tentang peristiwa Paskah  yang baru saja kita rayakan pada hari Minggu yang lalu. Peristiwa Paskah merupakan peristiwa KEBANGKITAN YESUS  dan kemenanganNya atas maut. Jika Paskah tidak ada, maka pengurbanan yang dilakukan Yesus di kayu salib menjadi sia-sia. Ada berbagai reaksi mengenai peristiwa kebangkitan Yesus. Salah satunya ialah sikap Maria Magdalena. Ia pergi ke kubur untuk menjenguk Yesus. namun apa yang ia dapatkan? Ia tidak menemukan jenasah Yesus di dalam kubur, dan mengira bahwa jenasah Yesus telah diambil orang. Dalam kesedihan dan kebingungan yang dialaminya ini, Yesus datang kepada Maria dan memberi kesaksian bahwa Ia telah bangkit. Maria menjadi orang pertama yang menjadi saksi kebangkitan Yesus. Kebahagiaan yang dialami oleh Maria ini ia teruskan kepada para murid-murid dengan mengabarkan bahwa Yesus telah bangkit. Inilah yang dikisahkan dalam Injil Yohanes 20:11-18 ini.

Saudara-saudara yang terkasih, serigngkali kita melihat banyak peristiwa yang membuat kita merasa pilu atau ternyuh. Misalnya terjadi kebakaran dan pembunuhan yang ada disekitar kita. Peristiwa-peristiwa yang terjadi itu mendorong kita untuk EXODUS (Keluar) dari diri sendiri guna menolong sesama yang menderita tersebut. Yesus telah memberi contoh kepada kita bagaimana harus menolong sesama secara total. Dengan melayani orang lain secara total, berati kita menjadi saksi kebangkitan Yesus ditengah-tengahDunia ini.
Tugas perutusan ini dapat kita lakukan di komunitas tempat kita tinggal, misalnya di kantor, sekolah, kampus, masyarakat, dan lingkungan kita. Beranikah kita menjadi saksi kebangkitan Yesus dalam kehidupan kita?

Semoga renungan ini dapat meneguhkan iman kita akan Yesus. dan semoga kita sekalian senantiasa dilindungi dan diberkati oleh Allah yang maha Kuasa. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin

Ya Bapa, kami bersyukur karena Engkau sungguh hadir dalam hidupkami,
jadikanlah kami saksi kebangkitanMu dalam hidup kami setiap hari.


Lihat Juga renungan :

Renungan Injil Markus 16:1-8
Renungan Injil Yohanes 13:1-15
Renungan Injil Yohanes 10:11-18 
Renungan Injil Yohanes 10:1-10
Renungan Injil Yohanes 6:52-59

Masih banyak lagi renungan renungan yang lain dalam blog ini, untuk menemukan yang anda cari silahkan gunakan fasilitas pencariian pada blog ini, jika apa yang telah anda cari tidak juga anda temukan silahkan hubungi saya melalui fasilitas contak yang sudah saya sediakan. Dan juga jika anda ingin bersharing atau meminta renungan menurut anda silahkan hubungi saya. Terimakasih atas Kebaikan anda terhadap sesama. Damai tuhan Beserta Kita. Amin

Post a Comment

 
Top