Pertolongan pertama pada DBD


nyamuk aedes aegypti
Nyamuk penyebab DBD
Ada sebuah pertanyaan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari seperti, Bagaimana cara pertolongan pertama untuk orang yang terjangkit DBD? berikut jawabannya yang mungkin dapat membantu.

Demam berdarah Dengue (DBD) disebabkan Visrus dengue yang ditularkan lewat/melalui gigitan nyamuk aedes aegypti ataupun  aedes albopictus berkelamin betina. ini adalah nyamuk yang memiliki ciri belang belang hitam putih yang mungkin sering kita lihat pada siang hari, karena nyamuk ini umumnya menggigit pada siang hari. nyamuk jenis ini dapat dan berkembang biak pada tempat tempat penampungan air dan barang barang yang dapat memungkinkan air tergenang disitu, sepertihalnya bak mandi, drum , tempayan, vas bunga, ban bekas dan lainsebagainya.  Nyamuk  Aedes Aegypti tidaklah dapat berkembang di selokan, got ataupun kolam yang airnya berkontaminasi secara langsung dengan tanah.  Nyamuk jenis ini umumnya menggigit kita pada pagi jam 10.00 dan pada sore hari  dan nyamuk ini dapat pergi terbang dengan radius 100Meter.

Virus dengue itupun terdapat 4 jenis ataupun macan, yakni Dengue tipe 1, 2,3 dan 4 Namun tipe yang kebanyakan di wilayah Indonesia adalah jenis yang ke 3. Virus dengue dari nyamukini dapat membuat gangguan di pembuluh kapiler juga dapat mengakibatkan sistem membengkak di pembuluh darah tersebut, juga bisa membuat darah menjadi membeku, inilah yang mengakibatkan penderitanya pendarahan bahkan dapat membuat penderita meninggal. Mengerikannnnnn.. :D

Wabah DBD ini umumnya  melanda di saat pergantian musim dari musim hujan berganti ke musim kemarau atau pun dari musim kemarau ke musim hujan.  gejala terjangkit DBD ini mengalami panas tinggi secara mendadak selama 2 smpai 7 hari tampak malas ataupun lemas lesu juga suhu badan mencapai kisaran 38 drajat Celcius hingga 40 derajat Celcius. bahkan lebih. Perhatikan juga pada bagian badan kita apakah muncul bintikbintik merah dan tidak hilang, apakah anda pendarahan di hidung atau mimisan biasa kita sebut begitu, atau muntah darah atau berak darah bisa jadi tes tortiquet positif? mungkin jika anda mengalami itu bisajadi anda terjangkit DBD, kaarena ciricirinya juga seperti itu.

Juga adanya pendarahan spontan seperti peteki, ekimosis, bercak biru kehitamhitaman yang tampak dikulit atau purpura kadang nyeri di uluhati karena terjadi juga pendarahan di lambung. gejala lainjika sudah mulai parah biasanya penderita akan merasa gelisah pada ujung kaki dan tangan mendingin juga berkeringat terjadi perdarahan pada selaput lendir mukosa pada alat cerna pada tempat suntikan atau pada tempat lainnya trrombosit penia atau trombosit kita mngatakannya sebesar 100.000 per milimeterkubik.  Pembesaran pada plasma yang berhubungan dengan naiknya permebilitas pada pembuludarah, yang di cirikan dengan munculnya satu bahkan lebih kemunculan dari 20 % hematrokitatau lebih pergantung kepada umurdan jenis kelamin. Turunnya nilai hematrokit  dari kisaran 20% dasar atau lebih setelah pengobatan tanda pembesaran plasma yaitu efusi pleura aites hipoprotinaenema.

Kiata dapat melakukan Pertolongan Pertama dalam menangani masalah kasus DBD ini yaitu memberi minun sebanyak mungkin kompres agar demam turun dan beri obat penurun panas pada penderita. inilah langkah awall yang dapat kita lakukan pada penderita. Untuk mencegahnya kita dapat melakukan pemberantasan dengan cara menguras menutup mengubur barang barang bekas yang bisa berpotensi menimbulkan berkembangbiaknya nyamuk penyebab DBD itu, atau yang sering kita kenal dengan istilah 3M.
Melakukan Fooging atau semprot dengan asap seperti yang kita tau, ini dilaksanakan biasanya pada kasus dimana dua penderita positif atau lebih ditemukan 3 penderita dalam radius 100 Meter dari tempat tinggal penderita satu dengan penderita yang lain atau terjadi  seorang penderita harus merengguk nyawa dikarenakan DBD ini.

Langkah ketiga yang dapat kita lakukan adalah menaburkan bubuk abate dalam bak atu tempat tempat penampungan air sistim waspada dini atas terkjadinya DBD lapor penderita  penyakit dari RS dikirim ke puskes pada wilayah yang mengalmai penderita untuk diselidiki secara epidemiologi.

Jika dalam jangka 3 hari demam tidak kunjung turun atau bahkan malah melinjak segeralah bawa ke puskes atau rumah sakit terdekat. Kondisi bisa bertambah parah bhkan kondisi kesadaran menurun bahkan hilang kesadaran, harus segera dirawat pada Rumah sakit. Jika kit amenemui anggota keluarga kita atau orang terdekat kita di lingkungan kita atu tetangga kita  dengan gejala gejala yang mengarah pada DBD segeralah bawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk di periksa trombositnya.

DBD terjadi bahkan bisa membuat kematian seseorang dikarenakan kurang sadarnya  akan ciri da gejala akan DBD ini, semoga dengan ini ,kita lebih waspada dengan Binatang Nyamuk yang satu ini.
semoga kita tetap Health.

Perbedaan antara DBd dengan Malaria.

Post a Comment

 
Top