Jangan Taku menjadi Katolik!


Pada sebuah pertemuan Dialog kerukunan regional Sumatra selatan jambi dan Lampung yang di adakan di salah satu hotel di Lampung pada 28 hingga 31 Agustus silam. Beberapa materi disampaikan dalam kesempatan itu, dengan sangat menarik dan semakin menambah wawasan bagi para peserta pertemuan tersebut. Dalam hal itu materi lebih menekan pada Radikalisme dan Polotik, Dalam dinamika politik hubungan agama tidak terlepas dari politik, Suatu dasar untuk menjadi katolik Indonesia adalah menitikberatkan pada masyarakat.  Relasi hubungan antar agama sangatlah penting namun tetapi dinamika politik membuat hubungan agama menjadi tidak stabil.

katolik jangan takutPaus Yohanes Paulus II menyatakan ‘ Kekuatan Doa menjadi awal perdamaian kita sbg umat katolik harus lebih peduli kepada kemanusiaan’. Konflik memang dapat merusak martabat manusia dan kewajiban umat Katolik hendaknya dapat membersihkan ruang-ruang kotor, yang terpenting adalah aksi kita sbg umat Katolik untuk menjaga kerukunan tersebut.  Kita memang harus menjaga hubungan relasi antar agama tanpa harus melihat symbol yang Ada.  Dialog antar umat beragama menunjuk pada hubungan antar manusia,  Kita sebagai umat Katolik jangan pernah untuk menghilangkan identitas kita sbagai Umat katolik. Sebagai Umat katolik kita harus berani untuk keluar, sebagai umat katolik kitapun harus peka akan aksi sosial. Umat Katolik memang Minoritas tapi kita harus menjadi minoritas yang kreatif dan harus berani untuk merealisasikan kepada semua masyarakat. Pada saat ini Umat katolik Masih khawatir untuk dinilai dan dengan adanya penilaian negative maka akan membuat orang semakin mundur. Kita memmang harus menghilangkan perasaan takut tersebut agar kita dapat membuat sesuatu yang luar biasa. Saat ini banyak Cara kita untuk Menjadi Garam dan Terang, dimana Umat Katolik harus tau diri dalam menempatkan diri tetapi bukan merasa minoritas. Umat Katolik Juga takut akan melangkah dalam perubahan harus berani melawan arus yang mana perubahan menimbulkan Gejolak  Pertentangan.
Katolisitas sangat diperlukan dengan adanya relasi yang Baik maka akan membuat segala rencana yang akan dilaksanakan berjalan dengan baik.  Terkadang Orang Katolik itu Sombong, Sok, Tidak mau berbaur, tidak berkreativitas. Tantangan yang sangat begitu  besar bagi umat katolik, Namun tetapi selalu ada  Roh Kudus  yang akan menuntun. Umat Katolik harus berani berdialog., dan dialog itu harus mampu membuat orang lain menjadi sejahtera. . Umat katolik harus terlibat dalam takhta Dunia yang berkeadilan . dengan adanay Gereja yang Misioner dan partisipatif makan membuat para kaum awam bergerak semakin maju dan membangun kekuatan yang memiiki nilai yang sama, keterampilan dalam berkomunikasi membuat ruang publick serta masuk kedalam ruang public maka akan mendapatkan peluang yang bisa dimanfaatkan. Dialog merupakan perjumpaan titik temu untu kesejahteraan.  Menjadi Katoli haruslah Disyukuri  kreatif dan yang paling terpenting adalah Jangan takut untuk Menjadi Katolik.!

Post a Comment

 
Top