Siapakah Maria bagikita?


PerananBunda Maria dalam Hidup umat beriman Part 4


Yesus adalah sungguh Allah dan sungguh Manusia hanya satu pribadi yang memiliki kedua kodrat itu yakni putera Allah dan Kristus bukan lah pribadi yang ganda itu lahsebabnya umat katolik menyembah kemanusiaan dan juga keilahian dalam diri Yesus karena keduanya mempunyai sabda dari Allah tersumber pada satu akan akuan itulah sebabnya kita menyambut Tubuh Kristus darah Kristus dan juga Hati Yesus, ini lah dasar tradisi Gereja yang mengungkapkan Maria sebagaiBunda Allah. Gereja sangat menjunjung tinggi tradisi menyambut Maria sebagai Bunda Allah sebab sambutan itu menjaga misteri central kepercayaan kristiani penjelmaan Allah YesusadalahPutera Allah dan denganbegitu sehakikat ilahi dengan bapa dan rohkudus, namun ia juga sepenuhnya manusia karena terlahir dari seorang perempuan juga takluk pada hokum Taurat oleh sebab itu Maria adalah Bunda Dia yang adalah Allah sserta juga manusia. Dengan mengatakan Maria sebbagai Bunda Allah para orang kristiani menyartakan baik keAllahannya sebagai putera Allah maupun kemanusiaannya sbg putra maria. Selama yesus bertumbuh menjadi dewasa maria tentunya memelihara juga menjagaNya serta mengajari belaskasih dancintakasih juga menyampaikan kearifan juga keutamaannya sendiri, Jusuf dan maria yang membantu watakYesus yang artinya ‘membentuk’ pewahyuan Allah kepadadunia.

Maria rupanya tidak hanya muncul di peristiwaYesus saat di eluelukan di Yerusalem namun juga pada persembahan kurbanSalib, saatdatang di dunia ini Yesus telah mempersembahkan dirinya kepada  Bapa diatas tangan nya oleh karena itu dengan maria di dekat tiang gantung Nya juga bersama Maria didekatnya Ia berkehendak menyelsaikan kurban dirinNya. Mariapun juga telag mendaki gunung golgota, sekarang ia tahu bahwa waktunya telah tiba saat bagi putera dan bagi bunda Ia berdiri dengn penuh kesetiaan di sampingnya maria menderita kesedihan yang amat sebagai bunda yang terpaksa menyaksikan putera satusatunya mati secara menyeramkan sepertihalnya dikana, dimana maria menghadiri perjamuan pesta darah Allah yang menjadi manusia dengan umatnya namun penderitaan itu tidaklah tanpa buah, kesengsaraannya ia persatukan didalam sengsara puteraNya sang penyelamat denganbegitu dunia dapat ditebus.Sebagai pertolongan orang kristiani bantuan terbesar maria yaitu menunjukkan cara menyambut kurban baik keselamatan dan juga cara hidup sebagai orang kristiani, sepenuhnya menurut roh Puteranya Maria adalah sungguh satu dari antara kita, sebagai orang yang ditebus ia pun juga harus hidup menurut iman, ia mengerti juga mengenal kesusahan dan kesedihan. Gembira dan juga kedamaian.  Sesuatunya tidak begitu jelas baginya dan ia harus merenungkan jalanjalan Allah yang ajaib dan gaib dalam hatnya. Kadang Maria tidak begitupaham dan perlu diberi pemahaman baru oleh puteranya, meskipun imannya tidak pernah lemah oleh dosa. takubahnya seperti iman yang kita miliki berserah diri kepada Allah pada saat jalannya gelap dan penuh kesusahan, Maria tidak hanya murid pertama Yesus, namun maria juga rasul pertama Yesus, Maria adalah orang yang pertama memperlihatkan Messias kpd para gembala Yahudi saat mereka pada datang berkunjung pada malam natal, padawaktu pentekosta Maria jugamenerima Roh Kudus bersama juga paramurid-muridYesus.

maria bunda Yesus
Maria merupakan Bunda umat manusia seperti yang telah dikehendaki oleh Yesus, ini lah Bunda mu! Kata Yesus dari atas salib di puncak golgota kepada Yohanes dan mewakili seluruh manusia, kita juga merupakan anak-anak Bunda Maria seperti juga yang telah dikatakn oleh Yesus Bunda ini lah anakmu! Yesus tidak memonopoli Bundanya yang sangat baik itu yaitu bunda Maria, untuk diriNya sendiri,  dikarenakan begitubesarnya kasis Yesus akan manusia dan pada Dunia ini. Ia memberikan BundaNya bagi kita untuk menjadi Bunda kita Juga. Maria menjadi Bunda semua manusia memang itu lah kebenaran nya, bukanhanya baruterjadi saatjum’at Agung itu namun sudah terjadi sejak hari penjelmaan, tidaklah mungkin Maria mengandung Kepala Tubuh Mistik Kristus tanpa anggotanya. Maria berada diantara mereka yang menantikan dan menerima Roh Kudus sejak kenaikan Tuhan Yesus para murid berkumpul di sekeliling Bunda Maria dan juga petrus mereka berdiam diri dan berdoa, lalu kemudian datanglah penolong dan juga penghibur bagi mereka Ia sungguh tampak sebagi Bunda Gereja. Gereja tidakl ahir tanpanya Maria berdian dan menjaga diri karena Petruslah yang menerima pimpinan dan juga kekuasaan namun juga tidaklah kurang pentingnya peranan Bunda Maria di dalam mewujudkan perutusannya didalam dunia.  Maria tidak menggeser ataupun menggantikan mereka yang oleh Yesus sang penyelamat sendiri telah diberikan pekerjaan merasul dan yang akan menyebar hingga pelosok dunia. Maria tidak akan ikut campur dalam hal yang bukan peranannya namun maria mengemban karunia karunia yang lebih luhur dan kharismanya dalam menggerakkan gereja itu yaitu adalah Cinta Kasih, tugas Maria ialah berdoa mendampinggi dan menyertai mereka yang akan berjuang untu kmewujudkan dan menundukkan bangsa bangsa serta jiwajiwa bagi Yeus.


Maria menjadibundapengharapan orang berdosamenjadibundapengungsiandanpengharapan orang berdosa.Ia adalah pengungsian dan pengharapan yang aman dan pasti bagi orang berdosa yang berlindung kepadanya terhadap hakim yang maha adilsekalipun. Dialah yang diperlambangkan ketika Tuhan menyuruh Yosua mendirikan kotakota pengungsian baik bagi anakanak Israel dan juga untuk orang asingmariamemilikiperanan yang serupadengankotaitu,  Memangmariatidakdapatmencegah hakim yang adil menjatuhkan putusannya atas dosadosa kita karena belaskasih tak terbatas dan keadilan takterbatas tidak dapat bertentangan, tapi sang Bunda dapat berkata kepada anakNya seperti nabi Yeremia ingatlah bahwa aku telah berdiri dihadapanmu dan telah berbicara membela mereka supaya amarahmu disurutkan dari mereka.

 Artikel terkait :

Post a Comment

 
Top